Activity

  • Rosendal Hartman posted an update 1 year, 2 months ago

    Umumnya orang berhaji ketika sudah berusia lanjut. Hal ini terjadi karena berbagai macam faktor salah satunya adalah keterbatasan dana dan proses antri haji yang cukup lama. Namun dalam sesi Hijrah “Lifestyle in Muslim Way” IMS2020 (18/1), ketiga narasumber yang hadir percaya bahwa haji muda seharusnya menjadi gaya hidup masa kini. Kira-kira apa ya alasannya? A Iskandar Zulkarnain, anggota Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyebut bahwa haji muda merupakan bentuk dari hijrah. Apabila generasi muda sudah melakukan haji tentu kesalehan sosialnya akan semakin bertambah. Zulkarnain melanjutkan bahwa 90 persen ibadah Haji membutuhkan fisik yang kuat. Hal inilah yang menjadi alasan pihaknya mendorong Gerakan Haji Muda. Dia mencontohkan, saat Tawaf umrah harus mengelilingi sebanyak tujuh kali. Belum lagi ditambah dengan Sa’i. Total, ada 10 km yang harus dilalui para jemaah. Abdul Mujib, Guru Besar Psikologi Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menyebutkan bahwa dengan haji di usia muda, seseorang akan semakin megaplikasi gaya hidup Islami dalam kehidupan sehari-hari. Apa yang ia maksud sebagai gaya hidup Islami adalah berperilaku sesuai nilai-nilai kebajikan yang termaktub dalam Alquran dan Hadis, yang juga dianjurkan oleh agama lain, seperti berkata jujur hingga berperilaku positif. 12 Gaya Artis di SAG Awards 2023, Zendaya Stunning Banget! Seberapa Besar Rasa Kesepianmu dalam Hidup ini? 4. Ingin menjadi haji muda? Langkah pertama yang perlu kamu lakukan, mendaftar! Turut hadir sebagai narasumber, presenter Kompas TV, Woro Windrati menceritakan pengalamannya memutuskan naik haji pada usia muda. Ia mengatakan memang berbagai pertimbangan tersebut banyak dilakukan semua orang. Namun, apabila memang berniat naik haji dan umrah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar. 5. Meski ingin menjadi haji muda, dahulukan orangtua untuk berhaji. haji furoda ! Apabila kita sudah memantapkan diri untuk menjadi haji muda, ternyata kita tetap harus mendahulukan orangtua kita sendiri. Hal ini dikatakan oleh Abdul Mujib sesuai dengan hadis islam bahwa diri kita dan harta benda kita sesungguhnya milik orangtua.

    Pastikan Anda membawa obat – obatan pribadi yang telah diberikan oleh dokter spesialis Anda. Jangan sampai penyakit Anda nantinya kambuh saat mejalankan ibadah di Kota Makkah. Karena jika penyakit tersebut kambuh pastinya ibadah yang Anda lakukan tidak dapat berjalan maksimal. Hal yang kelima adalah mempersiapkan perlengkapan pribadi dan dokumen – dokumen penting. Perlengkapan pribadi antaranya adalah beberapa pakaian, peralatan ibadah dan lainnya. Sedangkan untuk dokumen penting yang perlu Anda persiapkan adalah paspor, tiket, maupun visa umroh. Dokupen tersebut sangat perlu Anda perhatikan dan jangan sampai ketinggalan. Biasanya pihak travel sudah menyediakan tas selempang untuk menyimpan dokumen – dokumen tersebut. Itulah 5 hal persiapan fisik yang perlu Anda lakukan sebelum menjalankan ibadah umroh. Selain persiapan fisik, persiapan rohani juga sangat penting Anda lakukan. Apa saja kah persiapan rohani yang perlu dipersiapkan? Untuk mendapatkan jawabannya pastikan untuk menyimak terus artikel ini. Persiapan rohani perlu dilakukan agar ibadah umroh yang Anda jalankan bisa lebih khusuk.

    Tentu saja, Anda bisa mencoba tabungan umrah dengan nominal semampu Anda terlebih dahulu. Dengan cara ini, Anda telah menunjukkan ikhtiar dan kesungguhan Anda dihadapan Allah supaya dimampukan untuk berangkat umrah. Bukankah Allah yang Maha Mencukupkan? Sudah banyak kisah, bagaimana Allah memampukan siapa saja yang Dia undang ke tanah suci. Dan berapa banyak orang yang sebetulnya mampu, tapi tak kunjung juga pergi umrah? Semakin banyak jumlah keluarga yang ikut dalam perjalanan umrah, maka semakin banyak pula surat-surat yang harus Anda persiapkan. Sebaiknya, cari tahu dan catat surat-surat apa saja yang diperlukan untuk mendaftarkan diri menjadi calon jamaah umrah. Anda dapat mencari informasi yang lengkap di internet, atau bertanya ke biro perjalanan umrah yang Anda percaya. Kenapa Anda perlu mencatat dokumen yang diperlukan? Supaya Anda tak perlu bolak-balik saat mengurus dokumen Anda dan keluarga. Buatlah ceklist yang mempermudah Anda mengecek apakah dokumen yang diperlukan sudah lengkap atau belum. Anda juga perlu membuat paspor jauh-jauh hari, karena hal tersebut juga memakan waktu. Persiapan yang sungguh-sungguh akan mempermudah Anda sekeluarga untuk melaksanakan umrah dengan lancar.

    Paket Oleh Oleh Umroh – Paket oleh oleh umroh masuk dalam sebuah kategori barang belanja yang wajib dibeli untuk dijadikan bingkisan pada keluarga-keluarga di rumah. Beribadah umroh adalah impian yang diinginkan oleh seluruh kaum Muslim khususnya bagi yang mampu. Ibadah umroh bisa dilakukan berkali-kali bahkan bisa dilakukan kapan saja tanpa waktu menunggu yang lama dibandingkan dengan ibadah haji. Karena semua orang mengetahui bahwa untuk pergi beribadah umroh ke tanah suci membutuhkan biaya yang tidak sedikit, maka dalam membelanjakan uang untuk membeli paket oleh oleh umroh pun harus diperhitungkan dengan matang. Dengan membuat list atau daftar belanjaan maka kebutuhan akan lebih tersusun dengan rapi. Bahkan perhitungan budget serta kapasitas bagasi pun bisa diperhitungkan dengan matang. Akan ada banyak barang-barang yang menggiurkan untuk dibeli. Oleh karena itu seluruh calon jamaah diberikan kewajiban untuk membuat daftar belanja agar mengetahui perkiraan harganya. Kemudian langkah berikutnya untuk membeli oleh-oleh yang akan diberikan kepada keluarga maupun teman-teman adalah membuat beberapa list atau daftar penerima oleh-oleh.