Activity

  • Levine Bjerg posted an update 1 year ago

    SariAgri – Dalam upaya membangkitkan kembali rasa cinta pada ikan louhan seperti pada era tahun 2000-an, komunitas pecinta ikan louhan di Kabupaten Lamongan Jawa Timur menggelar pameran sekaligus kontes kecantikan ikan louhan.

    Pameran sekaligus kontes kecantikan ikan louhan berbagai jenis ini digelar di salah satu mall di Kabupaten Lamongan yang diikuti ratusan peserta dari komunitas pecinta louhan berbagai daerah di Jawa Timur.

    Ikan yang dikenal dengan keunikan benjolan mahkota di kepala dan memiliki corak serta warna yang khas ini sukses membuat para pengunjung mall terkesima.

    Namun saat ini dengan kemunculan berbagai ikan hias lain membuat louhan meredup. Bahkan saat ini, namanya sudah jarang disebut. Kalah populer dengan ikan lain seperti cupang, guppy hingga gabus.

    Meski demikian, louhan tetap memiliki pecinta setia. Mereka pun akhirnya bertemu dalam sebuah komunitas hingga menggelar pameran sekaligus kontes kecantikan ikan louhan.

    Salah satu peserta mengaku sengaja mengikuti kontes ikan louhan ini. Selain alasan untuk menyalurkan hobi dan kecintaannya terhadap ikan louhan, juga sebagai upaya menjalin silaturahmi antar sesama pecinta louhan.

    “Disamping mengikuti lomba juga bisa menjadi ajang diskusi bagi sesama pecinta louhan dari berbagai wilayah di jawa timur, Sambil mengenang romantisme kejayaan louhan beberapa waktu lalu,” aku peserta dari Surabaya, Alvin Ken kepada SariAgri, selasa (30/3).

    Melalui kegiatan ini, imbuh Alvin, juga bisa mengenalkan kepada penghobi baru. Sekaligus menjadi ajang bertukar pikiran setelah sekian lama tidak menggelar pameran akibat pandemi COVID-19.

    “Kontes ikan louhan yang baru pertama kali digelar di Lamongan ini, tidak hanya akan meningkatkan nilai jual ikan louhan, juga sekaligus upaya kampanye untuk kembali menggelorakan pamor ikan louhan seperti para era tahun 2000 an,” kata dia.

    Sementara itu,
    Perikanan Indonesia , humas panitia acara mengatakan ada beberapa jenis ikan louhan yang dilombakan seperti jenis cinhua yang memiliki mata cekung mulut pendek serta benjolan besar di kepala. Jenis golden base, memiliki warna dasar kuning-merah dengan sirip melebar dan memiliki benjolan kepala yang proporsional.

    “Penilaiannya disesuaikan dengan keindahan dari masih-masing kelas louhan. Seperti marking, head, base, dan vendalnya,” terang Eko Mardianto.

    Eko menambahkan pemenang kontes kali ini tidak hanya dilihat dari kecantikannya saja, melainkan juga kesehatan ikan, kelincahan serta memiliki keindahan warga dan juga bentuk tubuh.

    “Ke depan kami akan agendakan kontes ikan louhan ini rutin setiap tahun di Lamongan dengan tujuan untuk membangkitkan kembali rasa cinta pada ikan louhan seperti dahulu kala,“ tutupnya.